Kamis, 31 Maret 2016

Gelandangan Dapat Imbalan 1,3 Miliar


MANIS77 - Matthew Hay Chapman barangkali adalah salah satu manusia yang paling berbahagia pekan ini. Dia memperoleh rezeki nomplok sebesar USD 100 ribu (1,30 miliiar) dari Kepolisian Orange County, San Francisco, Amerika Serikat. Pria tunawisma yang sehari-hari menggelandang di halaman super market ini ternyata berhasil membantu polisi menangkap buronan berbahaya.

Cerita bermula saat Hossein Nayeri, Jonathan Tieu dan Bac Duong kabur dari Penjara Santa Ana pada awal tahun ini. Mereka bertiga adalah tahanan kelas menengah, sehingga polisi bergegas menggelar pemburuan massal. Siapa nyana, orang yang membaca teliti pengumunan polisi adalah Matthew Hay Chapman.


Gelandangan ini pernah menemukan selebaran meminta siapapun memberi info soal para buronan. Pada 28 Januari lalu, Chapman melihat sosok mirip Nayeri dan Tieu parkir disuper market tempatnya biasa bermalam setelah mencari kopi. Keduanya mengendarai mobil van curian. Tak butuh waktu lama, setelah yang dia buntuti memang buronan, Chapman lalu melapor ke kantor polisi terdekat.

Laporan Chapman sangat akurat, mencakup lokasi dimana mereka sembunyi dan nomor plat mobil curian. Alhasil, besoknya polisi berhasil mencokok dua tahanan itu, kemudian berselang sehari Bac Duong juga berhasil ditangkap. Jean Pasco, juru bicara Dewan Pengawas Kepolisian Orange County, mengapresiasi bantuan Chapman.


Ketiga narapidana itu ternyata memiliki nilai buruan USD 150 ribu. "Chapman kami nilai pantas mendapat bagian terbesar,"kata Pasco. Adapun sisa USD 50 ribu dibagi rata antara Armando Damian, pemilik mobil van yang dicuri pelaku, serta dua karyawan minimarket bernama Hazel Javier dan Jeffry Arana.

Mereka berdua juga menghubungi polisi setelah melihat sosok salah satu dari tiga buronan itu. Chapman saat diwawancarai televisi lokal ABC7News, mangaku bahagia mendapat bagian uang imbalan terbesar. Dia akan menggunakan uang sebesar itu untuk menyekolahkan anaknya yang tinggal dengan keluarga lain selama dia menggelandang di jalanan.(Guardian)

Pemakaman Gratis
ATM Pegawai Pertamina
Academy Awards 2016





Tidak ada komentar:

Posting Komentar